Loving Life

Life is a gift hence I'm thankful for it. Life is a journey therefore I keep walking it.

Monday 16 May 2011

Celoteh 4: mimpi and tour guide

Yak..lagi lunch break di kantor sempet2 celoteh. Facebook and Twitter di banned, jadi ngeblog aja hehehe

Waktu kecil, saya sempat bercita-cita jadi pramugari soalnya bisa terbang keliling dunia. Uda gede-an, since pake kacamata, saya ganti cita-citanya jadi Tour guide, dengan alasan yg sama.
Apa boleh buat, papi saya gak setuju pas saya mau ambil Hospitality and Tourism. Alasannya: nanti lapangan kerjanya kecil, kalo ambil accounting, masih tetep bisa kerja di lingkungan hotel/tour. Betul juga. Make sense.

Nah mimpi saya yg bakal saya sharing kali ini bukan tentang saya yang jd tour guide lg. Again, mimpi ini terpengaruh dari pengalaman travelling saya. Beberapa tahun lalu, papi saya membawa kita sekeluarga to travel to Vietnam and Cambodia. As kita perginya private tour (alias cuma ber4), kita lebih punya kesempatan buat ngobrol-ngobrol sama tour guidenya. Kita pergi ke around 5 towns, dengan 4 tour guides yg berbeda. To cut the story short, salah satu kota yg kita kunjungi tuh Siam Reap (yg ada Angkor Wat-nya itu lho). Tour guide-nya cowok, masi around 26 yrs old sepertinya. Pake name tag. Inggrisnya a bit kurang jelas pronounciation-nya tapi lumayan lancar. Kita lumayan ngobrol-ngobrol sama dia. Dari obrolan itu kita tau, ternyata kalo di Siam Reap, tour guides itu mesti terdaftar. Mau dari travel agents apapun, tour guidesnya harus terdaftar dan punya ijin khusus, makanya mereka punya name tags khusus. Name tag ini harus dipakai saat bertugas. Uda gitu, mereka diberi training khusus. Generally those registered tour guides can speak,read and write English well (ya walopun kadang susah ngedengerin pronounciationsnya). Selain Inggris, ada juga yg dilatih bahasa-bahasa lain. Dan memang terbukti pas saya mengunjungi Angkor Wat and temple2 lainnya, tour guidesnya semua pake name tags and lancar cas cis cus bahasa Perancis lah, jerman lah, Jepang, Belanda (tapi belum ketemu yg bisa bahasa Indonesia hehehe). Mereka jg tentunya dibekali sejarah2 Cambodia, pengetahuan umum (spt jumlah penduduk, kota terbesar, dll). 

Saya jd bermimpi: coba di Indonesia bs begitu. Tertib, terorganised. Jadi turis asing juga ga takut ketipu (as bnyk yg takut ditipu oleh local tour). Mungkin bisa dimulai dari Jogja dan sekitarnya as di situ ada Borobudur and  Prambanan. Bali dgn tanah lot, pura besakih, uluwatu, dll. Kalo aja tiap kota punya badan pelatihan tour guides and termasuk mesti ngeregister tuh tour guides. Semuanya (ideally) di bawah Departemen Pariwisata.
Tentunya pariwisata Indonesia bakal lebih maju lagi. And bisa jadi salah satu sumber penghasilan terbesar buat ekonomi Indonesia. Sumbernya uda banyak, sayang managementnya kurang bijak.

Mimpi oh mimpi...

-MK-

No comments:

Post a Comment