Loving Life

Life is a gift hence I'm thankful for it. Life is a journey therefore I keep walking it.

Sunday 15 May 2011

Celoteh 3: dream and dance

Sembari nungguin si bulat (adik saya) siap2, mending saya celoteh (hopefully) bentar. Saya tuh demen banget mimpi dan berkhayal, well siapa jg yg ga demen? hahaha Tukang day dreaming. Macem2 lah khayalan saya, mulai dari tentang enaknya kalo uda punya rumah sendiri and nata2, tentang gimana ya kalo ganti profesi, tentang gimana ya kalo pindah ke Europe and tinggal di sana, gimana yah kalo bisa jalan2 keliling dunia. Macem-macem deh. Ehhhhh adek saya uda siap..... nanti malam saya lanjutkan ;p 

9:16PM
Baiklah mari kita lanjutkan. Naahhh berhubung saya suka ngehayal and suka travelling, tiap kali abis travelling or pas lg travelling saya ya ngehayal hehehe Waktu kecil, believe it or not, saya ikut extrakurikulernya nari. Dari TK-SD. Nari nya bukan ala hip hop or yg keren-keren jungkir balik. Saya ikutannya nari daerah. Bukan nari Bali lho (kan yg terkenal nge-trend waktu jaman SD dulu saya tuh belajar tari bali). Saya jg ga inget lg sih nari-nya gimana tp saya inget pake lagu and baju daerah. Yg terakhir pas 6 SD tuh tarian ala Melayu gitu. Uda gitu pas SMA belajar Seudati and Saman. Buat saya belajar nari itu seru. Kayak misalnya nari Saman, mesti tepat beat-nya, mesti kompak, mesti inget gerakan (ya semua tarian jg mesti gitu yah) hehehe Nontonnya aja seru! Kebayang dong pas narinya? Seru abis! 

Pas lagi kuliah di Malay, ada international students nite. Nah di situ saya sempet bantuin nari saman, belajar gerakan yg lain (as Saman itu banyak gerakannya) and ngajarin beberp pola gerakan. Nah saya tuh saat itu sempet ngehayal, seru jg yah kalo saya bisa belajarin tarian-tarian Indo (yang ada ribuan kali!) and diajarin ke orang-orang. 

Uda gitu, beberapa tahun terakhir ini tuh saya traveling di Asia. I'm grateful that I have a father who loves traveling. And sepertinya menurun ke saya. Seperti kata pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Tiap christmas, almost always we as a family spent time together and traveling together. Quality time sekaligus refreshing sekaligus jalan-jalan deh. Nah dari sejak 2002 lah, kita travelling rata-rata di asian countries. Ya China, Thailand, Vietnam, Cambodia, Malaysia and terakhir ini Taiwan. As tipikal tourist indo, kita explorenya sebatas yg tourism sites. And almost always ada acara nonton cultural show, ya yg nari-nari, akrobat, and main musik. Papi saya tuh seneng banget, bahkan kadang beli dvd-nya lg after nonton. Saya ya seneng-seneng aja nonton-nya. Kalo dilihat-lihat, benernya model tarian, jenis lagunya or even kadang kostumnya tuh mirip-mirip lho. Mirip sama Indo juga. Ya emang dasarnya dari 1 sumber jg sih yah, and dulu kan kerajaan sriwijaya sampe kemana-mana. Yang saya pikirin, balik lagi: duhhh coba saya bisa bikin model cultural/art centre kayak gini di Indo. Jenis tariannya lebih banyak. Kostumnya juga cantik-cantik. Musiknya lebih beragam. Kayaknya sayang banget gitu lho. Di negara-negara Asia yg laen, mereka bener-bener bisa bikin neh traditional dance and music tetep hidup. And bisa jd sumber penghidupan mereka.

Orang-orang kalo pas nanya ke saya, di Jakarta ada apa? Saya cuma bisa blg ada Monas, ada museum gajah (yang menurut saya bagus banget. Kalo ada yg blm pernah ke sana, it's a must!), ada museum fatahillah yang bagus banget jg koleksinya. Ada TMII (tapi pas terakhir saya ke sana yg uda ga inget kpn jg, kok sedikit menyedihkan ya), ada Ancol and Dufan. Tapi kok kayaknya gitu-gitu aja yah. Jd kalo uda kehabisan bahan promosi ya: ada Mangga Dua, ada Mall ini, ada Mall itu, ada Plaza ini dan Plaza itu. Nah kalo ada art and cultural centre kan bagus tuh! Sembari juga kan katanya Jakarta tuh capitol city-nya Indonesia, jd tmpt yg mempersatukan semua kebudayaan Indonesia.  

Jd di khayalan saya, art centre ini dikelola satu organisasi/yayasan yang memang merekrut dan mendidik orang-orang untuk belajar tarian-tarian and alat-alat musik traditional Indo. Nah ada regular show, targetnya jadinya bukan cuma turis asing. Turis lokal juga harusnya nonton neh show biar bisa pada ngelihat: tarian2 and lagu2 Indo tuh keren-keren lho! Kalo bisa sih dipromosikan ke kedutaan-kedutaan asing, jadi kalo pas ada tamu-tamu negara and misalnya pebisnis2 asing yang lagi berkunjung ke Jakarta, bisa nonton nih pergelaran seni juga. Alangkah baiknya juga kalo sekolah-sekolah ngebawa murid-muridnya untuk nonton nih show juga, lebih fun juga buat murid-muridnya lho daripada cuma ngapalin tarian apa dari mana hehehe Uda gitu jual dvd juga, and merchandise. Nah kan bisa jadi lahan pekerjaan buat banyak orang juga akhirnya. Ya mulai dari bapak penjaga gedung, bagian bersih-bersih, mas dan mbak jual tiket, yang jaga toko, yang ngajar nari, penarinya, yang ngajar musik, pemusiknya, satpam, yang supply barang ke toko, yang ngatur lampu and sound system, stage manager, ushers, make-up artists, penjahit buat bikin kostum, kafe, bagian admin, bagian accounting, bagian promosi and marketing, dan lain-lain.


Orang-orang asing aja banyak yang cinta sama kebudayaan Indonesia, sampai pada belajar gamelan lah, jaipong lah, tari kecak lah. Lah kita?? 

No comments:

Post a Comment